Tak Ingin Lokasi Anda Diketahui, Ini Cara Mematikan Pelacakan Google

Tak Ingin Lokasi Anda Diketahui, Ini Cara Mematikan Pelacakan Google

Seringkali kita mengira dengan menonaktifkan fitur riwayat lokasi atau layanan lokasi suatu perangkat maka secara otomatis Geogle tidak akan mampu melacak dan mengumpulkan data lokasi apa pun dari perangkat yang sedang kita gunakan.

Namun nyatanya, hal tersebut ternyata sia-sia. Pasalnya Google masih dapat melacak lokasi pengguna meskipun dengan ‘riwayat lokasi’ yang telah dinonaktifkan sekalipun.

Sebagaimana yang dilansir dari laman resmi businessinsider.com, yang diunggah pada Agustus 2018 silam, Eksklusif Associated Press baru-baru ini menunjukkan bahwa Google akan melacak dan menyimpan beberapa data lokasi Anda, bahkan jika Anda menonaktifkan pengaturan ‘riwayat lokasi’.

Akan tetapi jangan khawatir, Anda akan tetap dapat menonaktifkan pelacakan lokasi Google sepenuhnya baik menggunakan perangkat iOS atau Android dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini:

Cara Mematikan Pelacakan Google di Android

1. Pengguna cukup membuka menu ‘Setelan’ atau ‘Pengaturan’, 2. Kemudian klik menu ‘Google’ pada bagian pengaturan android google. 3. Selanjutnya, klik ‘Akun Google’. 4. Pada bagian akun google android Klik tab “Data & personalisasi”. Pada bagian ini anda akan melihat tombol untuk membuka ‘Aktivitas Web & Aplikasi’ dan ‘Riwayat Lokasi’. 5. Kemudian buka keduanya dan matikan. Maka secara otomatis kontrol aktivitas android Google Anda sudah siap dinonaktifkan.

Cara Mematikan Pelacakan Google di iOS atau iPhone

1. Pengguna iOS dapat membuka menu ‘Kontrol Aktivitas’ dengan mengaksesnya padanlaman https://myaccount.google.com/activitycontrols di browser2. Kemudian masuk ke akun menggunakan kredensial pengguna3. Lalu hapus centang pada tombol ‘Aktivitas Web & Aplikasi’ di halaman tersebut 4. Selanjutnya, gulir ke bawah sedikit dan hapus centang pada tombol ‘Riwayat Lokasi’ riwayat lokasi iphone. 5. Maka setelah menerapkan langkah tersebut, secara otomatis aktisifasi akun Geogle iOS anda sudah dinonaktifkan.

Nadiva

Posting Komentar untuk "Tak Ingin Lokasi Anda Diketahui, Ini Cara Mematikan Pelacakan Google"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *