Tak Hanya Kulit Wajah, Kulit Kepala Juga Butuh Eksfoliasi Ini Langkah-langkahnya

Tak Hanya Kulit Wajah, Kulit Kepala Juga Butuh Eksfoliasi Ini Langkah-langkahnya

Kunci rambut yang sehat adalah kulit kepala yang sehat. Rawat kulit kepala Anda sebagai rutinitas perawatan kulit Anda. Ini membutuhkan sebuah langkah yang sama yang dibutuhkan kulit Anda untuk tampak sehat dan bercahaya, seperti pembersihan, pelembab, dan eksfoliasi kulit sesekali. Eksfoliasi menghilangkan minyak, dan kotoran yang mungkin mendatangkan masalah pada penampilan kulit Anda. Eksfoliasi kulit kepala bekerja dengan cara yang sama.

Namun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis rambut Anda, masalah kulit kepala, dan jenis produk yang Anda perlukan. Saat ini, eksfoliasi kulit kepala adalah topik yang ramai di industri kecantikan, artinya tidak ada kekurangan formula yang tersedia. Dari scrub, peralatan, dan bahkan formula kimia yang menjanjikan untuk melarutkan serpihan apa pun, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang paling cocok untuk Anda.

Gretchen Friese, trichologist bersertifikat untuk BosleyMD, mengatakan eksfoliasi kulit kepala adalah proses membersihkan kulit kepala untuk menghilangkannya dari kulit kering, terkelupas, penumpukan produk, dan kotoran. Anda dapat eksfoliasi kulit kepala secara fisik dengan menggunakan alat atau scrub dengan butiran untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan yang berkontribusi pada perasaan gatal, sesak, dan produksi minyak berlebih. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan exfoliant kimia yang diformulasikan dengan bahan aktif, seperti asam glikolat atau salisilat, untuk mengangkat kotoran, sel kulit permukaan kulit mati, atau kotoran.

Salah satu manfaat terbesar dari eksfoliasi kulit kepala adalah membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. “Eksfoliasi kulit kepala membantu menciptakan lingkungan yang sehat bagi rambut untuk tumbuh dengan membersihkan apa pun yang mungkin menyumbat atau menghalangi folikel,” jelas Friese, seperti dilansir dari laman Real Simple. Ini juga membantu menghilangkan penumpukan yang disebabkan oleh produk dan membantu masalah kulit kepala seperti minyak, kekeringan, atau masalah kulit kepala terkelupas.

Langkah pertama untuk melakukan eksfoliasi kulit kepala adalah mengetahui seberapa sering melakukan eksfoliasi. Menurut Friese, frekuensi eksfoliasi akan tergantung pada orangnya, tetapi aturan praktis yang baik adalah memulainya dengan seminggu sekali dan meningkat menjadi dua kali seminggu jika Anda adalah seseorang yang mengalami masalah kulit kepala seperti minyak, kering, ketombe, atau serpih. Anda juga dapat menambahkannya hingga dua kali seminggu jika Anda mengalami minggu di mana Anda telah menggunakan banyak produk rambut atau berkeringat di gym, dan Anda ingin menjaga kulit kepala Anda tetap bersih dan segar.

Berhati-hatilah untuk tidak eksfoliasi kulit kepala Anda secara berlebihan, karena dapat menyebabkan iritasi, gatal, atau memperburuk kondisi kulit kepala yang sudah ada sebelumnya. Langkah selanjutnya untuk eksfoliasi kulit kepala adalah memilih metode pengelupasan, yang semuanya tentang preferensi. “Eksfolian fisik akan membutuhkan tindakan scrubbing dan mudah dilakukan di kamar mandi,” kata Friese. Setelah keramas, oleskan scrub kulit kepala secara merata ke seluruh kepala Anda, dan pijat dengan lembut sebelum dibilas dan dilanjutkan dengan kondisioner.

Nadiva

Posting Komentar untuk "Tak Hanya Kulit Wajah, Kulit Kepala Juga Butuh Eksfoliasi Ini Langkah-langkahnya"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *