Pekan ASI Sedunia, Ini Tips Meningkatkan ASI bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Pekan ASI Sedunia, Ini Tips Meningkatkan ASI bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Pekan ASI Sedunia diperingati setiap 1-7 Agustus. Peringatan ini bertujuan memberi dukungan pada ibu untuk memberikan air susu ibu atau ASI pada bayi. Banyak ibu baru berhenti baik sebagian atau seluruhnya dalam beberapa bulan pertama setelah melahirkan dan menggantinya dengan susu formula. Salah satu alasannya adalah kekhawatiran suplai ASI tidak mencukupi.

Bagi banyak ibu baru melahirkan, produksi ASI baik-baik saja. Hanya saja pada pekan pertama produksinya hanya sedikit karena menyesuaikan kebutuhan bayi yang juga masih sedikit.

Namun, jika merasa perlu meningkatkan produksi ASI, ada beberapa cara cara yang bisa dilakukan, menurut laman Healthline.

1. Menyusui lebih sering

Sering-seringlah menyusui dan biarkan bayi memutuskan kapan ingin berhenti menyusu. Saat bayi menyusu, hormon yang memicu payudara untuk memproduksi ASI akan dilepaskan. Itulah refleks “let-down”, yakni ketika otot-otot di payudara berkontraksi dan menggerakkan ASI melalui saluran yang terjadi segera setelah bayi Anda mulai menyusui. Semakin banyak Anda menyusui, semakin banyak ASI yang diproduksi.

Bayi baru menyusu sebanyak 8 hingga 12 kali sehari. Namun, ini tidak berarti bahwa lebih sering atau lebih jarang menyusui menunjukkan adanya masalah.

2. Memompa ASI di antara waktu menyusui

Memompa di antara waktu menyusui juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Menghangatkan payudara sebelum memompa dapat membantu membuat lebih nyaman dan juga lebih mudah memompa.

Memompa juga bisa dilakukan jika masih ada ASI setelah bayi berhenti menyusu, bayi melewatkan jam menyusu, atau bayi baru diberikan ASI perah.

3. Menyusui di kedua sisi payudara

Susui bayi pada kedua payudara setiap kali menyusu. Stimulasi menyusui dari kedua payudara dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Memompa ASI dari kedua payudara secara bersamaan juga terbukti meningkatkan produksi susu dan menghasilkan kandungan lemak yang lebih tinggi dalam susu.

4. Konsumsi makanan tertentu atau suplemen

Beberapa makanan herbal dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI, menurut Canadian Breastfeeding Foundation. Beberapa di antaranya adalah fenugreek atau kelabat, bawang putih, jahe, adas, dan ragi.

Atau, minta resep suplemen untuk menambah produksi ASI dari dokter.

Nadiva

Posting Komentar untuk "Pekan ASI Sedunia, Ini Tips Meningkatkan ASI bagi Ibu yang Baru Melahirkan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *