Masalah Kulit yang Rentan Dialami Hijaber karena Kulit Selalu Tertutup

Masalah Kulit yang Rentan Dialami Hijaber karena Kulit Selalu Tertutup

Memakai hijab bukan berarti kulit terjaga kelembapannya dan tak perlu memakai losion. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Irmadita Citrashanty mengatakan, perempuan berhijab justru memiliki tantangan tersendiri dalam menjaga kelembapan kulit.

“Semua orang -berhijab atau tidak, membutuhkan pelembap untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, mencegah penuaan dini, dan kerutan,” kata Irmadita dalam peluncuran Vaseline Hijab Bright secara virtual pada Kamis, 21 Oktober 2021. “Sayangnya, tak sedikit hijaber enggan memakai pelembap karena merasa gerah dan lengket.”

Irmadita menjelaskan, rasa gerah dan lengket muncul karena terjadi penguapan di permukaan kulit dengan sirkulasi udara terbatas saat memakai hijab. Selain itu, masalah lain yang sering timbul adalah bau tak sedap akibat bercampurnya keringat dengan bakteri yang terakumulasi di bawah busana tertutup.

Sebab itu, Irmadita melanjutkan, hijaber membutuhkan produk perawatan kulit tubuh yang dikembangkan secara spesifik agar mereka terbebas dari gerah fisik sekaligus memberikan kesegaran sepanjang hari. Pada kulit terdapat kadar air dan lemak. Seiring usia, kadar air selalu berkurang.

“Kalau kadar air berkurang, maka kulit terasa kering, muncul tanda penuaan dini, seperti keriput, kulit pecah-pecah, sampai gatal,” ujarnya. Sementara kulit selalu mengalami evaporasi atau penguapan. Artinya, berhijab atau tidak, kadar air pada kulit atau kelembapak kulit akan terus berkurang.

Dilema yang terjadi adalah kulit selalu tertutup, penguapan terus terjadi, terpapar sinar ultraviolet yang bisa menembus serat pakaian, sementara kurang nyaman pakai pelembap karena lengket. Padahal semakin berkeringat maka kadar air pada kulit kian berkurang. “Keliru jika hijaber merasa kulitnya aman karena tertutup, sehingga tak perlu pakai pelembap,” ujar Irmadita.

Supaya kelembapan kulit tetap terjaga, Irmadita mengajak hijaber menggunakan body care dengan formulasi yang nyaman untuk digunakan sehari-hari. “Cari yang mudah menyerap, salah satunya dalam bentuk serum,” katanya. Serum, menurut dia, mudah menyerap dan berbentuk konsentrat.

Perawatan kulit adalah investasi jangka panjang karena penuaan pasti terjadi. Kita hanya bisa memperlambat tanda-tandanya.

Nadiva

Posting Komentar untuk "Masalah Kulit yang Rentan Dialami Hijaber karena Kulit Selalu Tertutup"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *