Empat Alasan Jas Hujan Ponco tidak Disarankan untuk Pengendara Motor

Empat Alasan Jas Hujan Ponco tidak Disarankan untuk Pengendara Motor

Saat memasuki musim hujan seperti sekarang, pengendara motor sangat membutuhkan jas hujan. Secara umum, jas hujan merupakan pakaian tahan air yang digunakan untuk melindungi tubuh agar tidak basah.

Fungsi utama jas ini adalah untuk meminimalkan masuknya air hujan yang mengenai bagian tubuh dan pakaian. Umumnya, ada dua jenis jas hujan di pasaran, misalnya one piece atau jas hujan ponco dan two pieces atau satu setel.

Jas hujan jenis ponco sebetulnya didesain untuk pejalan kaki, bukan pengendara motor. Jas hujan jenis ini modelnya tidak menutup semua dan rentan akan terpaan angin. Hal ini membuat jas hujan ponco berbahaya. Sebab, jas hujan bisa tersangkut di rantai motor atau ban motor yang menyebabkan roda atau rantai terkunci dan selip.

Melansir dari laman wahanahonda.com, jas hujan model ponco dapat berisiko menimbulkan kecelakaan. Ada empat alasan mengapa jas hujan model ini tidak disarankan untuk digunakan.

Menyangkut di roda

Jas hujan model ponco memiliki ukuran dan desain yang lebar. Dengan bentuknya yang lebar, jas hujan ponco dapat terselip di roda motor. Hal itu dapat menyebabkan kecelakaan bila jas hujan tersangkut di roda, gear, atau rantai.

Mengganggu keseimbangan

Karena bentuknya yang lebar, jas hujan ponco dapat mengganggu keseimbangan pengendara motor. Apalagi jika terpaan angin dari depan ketika hujan deras. Sebab, ada banyak celah pada jas hujan ponco, angin jadi dapat mudah masuk, sehingga mengganggu keseimbangan.

Mengurangi kemampuan pengendara

Jas hujan jenis ponco bisa mempengaruhi kemampuan pengendara motor. Contohnya, bagian depan jas hujan ponco yang menampung air hujan karena tidak langsung jatuh bisa mengurangi konsentrasi pengendara. Sebab, pengendara bisa saja disibukkan untuk menyingkirkan air yang tertampung di lekukan jas hujan ponco, sehingga konsentrasi pengendara dapat terganggu.

Bikin basah

Terakhir, jas hujan ini bisa membuat tubuh dan pakaian menjadi basah. Meski memiliki ukuran lebih lebar namun bukan berarti itu lebih baik dalam menghalau air. Jas hujan ponco masih terbuka di sisi kanan dan kirinya sehingga memungkinkan air hujan masuk. Model jas ini biasanya tidak menutup sampai kaki, sehingga celana pengendara motor bisa tetap basah.

Jas Hujan, Riwayatnya Dulu dan Sekarang

Nadiva

Posting Komentar untuk "Empat Alasan Jas Hujan Ponco tidak Disarankan untuk Pengendara Motor"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *