Cara Praktis Bikin Jamu Kunyit Asam, Dapatkan Manfaatnya

Cara Praktis Bikin Jamu Kunyit Asam, Dapatkan Manfaatnya

Khasiat kunyit untuk kesehatan sudah jadi rahasia umum. Olahannya pun bergaram, ada yang cukup diseduh pakai air panas, dijadikan bumbu masakan, paling sering diolah jadi jamu, salah satunya jamu kunyit asam. Jenis olahan satu ini merupakan salah satu olahan kunyit yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Selain itu, jamu kunyit asam juga merupakan salah satu minuman tradisional. Minuman herbal dari campuran kunyit dan asam jawa ini diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Cara membuatnya pun sederhana, hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti 1100 ml air, 20 gram asem jawa, 30 gram gula merah, dan garam secukupnya.

Begini cara membuatnya, pertama cuci kunyit yang masih segar hingga bersih, lalu kupas kulitnya. Kemudian parut atau blender kunyit dengan sedikit air. Peras airnya hingga benar-benar habis.

Sembari memeras air kunyit, didihkan air untuk merebus air perasan kunyit, gula merah, dan asem jawa. Setelah tercampur tambahkan garam secukupnya. Setelah jamu mendidih, matikan kompor dan tunggu hingga dingin. Jamu kunyit asam bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun ditambah es.

Nadiva

Posting Komentar untuk "Cara Praktis Bikin Jamu Kunyit Asam, Dapatkan Manfaatnya"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *