Biker Wajib Persiapkan Ini di Medan Off-Road Menurut Yamaha

Biker Wajib Persiapkan Ini di Medan Off-Road Menurut Yamaha

Para pecinta motor trail atau biker selalu mencari medan terabasan atau off-road untuk meluapkan kegemaran berpetualang. Seperti yang dilakukan komunitas Yamaha WR 155R atau WR Owners Indonesia (WOI) saat merayakan HUT RI ke-76.

Bergerak dari Kabupaten Bandung menuju Garut pada Selasa, 17 Agustus 2021, biker peserta riding menggunakan motor sport adventure Yamaha WR 155R dengan penuh semangat. Mereka menyisir perbatasan kota luar menerabas area-area hutan di jalur off-road.

Bendera Merah Putih pun dikibarkan di kawasan hutan Cimulu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

”Aktivitas terabasan ini start dari jam 09.00 WIB sampai 16.00. Untuk terabasan seperti ini membutuhkan persiapan dengan tidur yang cukup,” kata Ketua Umum WR Owners Indonesia (WOI) Iman Muwardi hari ini, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Berikut ini tips dari Yamaha Riding Academy (YRA) bagi para rider yang akan melakukan aktivitas terabasan:

RiderSiapkan fisik dengan baik dengan cukup istirahat sebelum menggeber motor di jalur off-road karena melewati jalur terabas cukup menguras tenaga.

Rider juga mesti menyiapkan safety gear atau peralatan keselamatan khusus untuk medan off road. Bekal minuman atau makanan ringan bisa dibawa jika diperlukan.

Yamaha menyarankan terabasan dilakukan bersama teman agar jika mengalami kesulitan atau kecelakaan cepat mendapatkan pertolongan. Yang penting juga adalah kenali jalur terabas dan bersama teman yang sering melewatinya.

Sepeda MotorPastikan kondisi ban sepeda motor dalam keadaan baik. Jarak bebas rantai juga harus sesuai petunjuk manual sepeda motor.

Pastikan electrical dalam kondisi baik, terutama lampu utama, mengantisipasi sampai kondisi malam. Kemudian kondisi rem depan dan belakang juga harus dalam keadaan baik.

Yamaha Riding Academy menyarankan biker melakukan service sepeda motor tunggangan sebelum off-road.

Peralatan pendukungPara rider sebelum terabasan dengan motor trail mesti mempersiapkan alat komunikasi handphone atau Handy Talky (HT) dalam kondisi baik dengan kondisi battery dalam keadaan full.

Toolkit set untuk sepeda motor jangan lupa dibawa untuk memperbaiki tunggangan jika terjadi kerusakan saat off-road. Untuk dokumentasi acara, bawa serta action camera.

“Bagi para biker Yamaha WR 155R yang melakukan fun adventure off-road harus memiliki keahlian,” kata Iman Muwardi.

Nadiva

Posting Komentar untuk "Biker Wajib Persiapkan Ini di Medan Off-Road Menurut Yamaha"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *