Banyak Sebab Seseorang Tiba-tiba Pingsan, Apa Bahayanya?

Banyak Sebab Seseorang Tiba-tiba Pingsan, Apa Bahayanya?

Pingsan atau biasa juga disebut sinkop yaitu suatu keadaan di mana seseorang mengalami hilang kesadaran secara tiba-tiba dalam waktu singkat yang disebabkan penurunan aliran darah ke otak.

Melansir dari WebMD, pingsan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti detak jantung tidak teratur, kejang, gula darah rendah (hipoglikemia), anemia (kekurangan sel pembawa oksigen yang sehat), dan karena sistem saraf tubuh yang mengatur tekanan darah. Beberapa jenis pingsan juga dapat terjadi karena keturunan.

Walaupun pingsan dapat menandakan suatu kondisi medis tertentu, namun terkadang pingsan juga dapat terjadi pada seseorang yang sehat. Pingsan adalah masalah khusus bagi orang tua yang mungkin menderita cedera serius karena jatuh ketika mereka pingsan. Pingsan biasanya terjadi secara singkat. Dalam kebanyakan kasus, individu yang pingsan mendapatkan kembali kesadaran penuh hanya dalam beberapa menit.

Apa yang dapat menyebabkan pingsan pada seseorang?Pingsan mungkin memiliki berbagai penyebab. Serangan vasovagal merupakan pingsan yang dimediasi saraf, adalah jenis pingsan yang paling umum. Kondisi ini umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja. Serangan vasovagal terjadi karena tekanan darah turun, mengurangi sirkulasi ke otak dan menyebabkan hilangnya kesadaran. Biasanya serangan terjadi saat berdiri dan sering didahului oleh sensasi hangat, mual, pusing dan visual “abu-abu”. Pingsan secara berkepanjangan dapat memicu kejang.

Pingsan dapat dipicu karena mengalami kecemasan, ketakutan, rasa sakit, stres emosional yang intens, kelaparan, atau penggunaan alkohol atau obat-obatan. Kebanyakan orang yang menderita serangan vasovagal tidak memiliki masalah jantung atau neurologis (saraf atau otak) yang mendasarinya.

Beberapa orang memiliki masalah dengan cara tubuh mereka mengatur tekanan darah mereka, terutama ketika mereka bergerak terlalu cepat dari posisi berbaring atau duduk ke posisi berdiri.

Kondisi itu disebut hipotensi postural dan mungkin cukup parah untuk menyebabkan pingsan. Pingsan jenis ini lebih sering terjadi pada orang tua, orang yang baru saja menderita penyakit berkepanjangan yang membuat mereka terbaring di tempat tidur, dan orang yang memiliki tonus otot yang buruk.

Beberapa hal ini juga dapat menjadi penyebab pingsan, seperti:

Nadiva

Posting Komentar untuk "Banyak Sebab Seseorang Tiba-tiba Pingsan, Apa Bahayanya?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *