Anda Perlu Tahu, 14 Fakta Tubuh yang Unik

Anda Perlu Tahu, 14 Fakta Tubuh yang Unik

Manusia bermula hanya dari satu sel, kemudian terbentuk rangka tubuh dengan sel yang tak terhitung jumlahnya. Keunikan tubuh manusia tak hanya sampai di situ, masih banyak yang lainnya.

Berikut 14 fakta aneh dan unik tubuh manusia yang mungkin baru Anda tahu.

Bayi punya lebih banyak tulang Manusia dewasa memiliki jumlah tulang sekitar 206 buah. Banyak tulang kecil yang mungkin membuat bingung seperti sesamoid di sendi jari. Bayi rata-rata memiliki sekitar 300 tulang karena tulang pada orang dewasa sebenarnya adalah beberapa tulang yang terpisah. Saat baru lahir, tengkorak bayi masih lemah terutama bagian ubun-ubun. Tengkorak tersebut masih menjadi tulang rawan yang belum menyatu dengan tengkorak.

Manusia menyala dalam telap meski sedikitIstilah bioluminesens sudah akrab dan tampak pada beberapa tumbuhan dan hewan yang berada di laut dalam seperti anglerfish. Manusia juga dapat menyala dalam kegelapan karena adanya emisi biofoton. Reaksi kimia dalam sel membuang sejumlah kecil cahaya yang dapat ditangkap dengan kamera ultrasensitif. Sayangnya, Anda tidak dapat melihat cahaya ini dengan mata telanjang.

Usus buntu ternyata ada gunanya Usus buntu yang kerap kali dibuang melalui operasi sering ditanya apa fungsinya? Organ ini berperan dalam sistem imun. Pemikiran sementara yang mungkin adalah usus buntu menjadi tempat penyimpanan bakteri baik di usus.

Merinding bukan berarti ada hantu, tapi respons untuk menghangatkan tubuh Bulu kuduk yang berdiri merupakan respons tubuh untuk menjebak udara di bawahnya agar Anda tetap hangat. Itu tidak bekerja dengan baik, tentu saja karena kita tidak memiliki banyak bulu. Jika dilihat lebih dekat, ada otot kecil, arrector pili (penjaga rambut) yang berkontraksi untuk menarik bulu ke atas.

Bernapas dengan satu lubang hidung Saat pilek dan hidung tersumbat, Anda mungkin memperhatikan hanya satu lubang hidung yang berfungsi. Hidung yang tersumbat akan berubah sepanjang hari, kanan atau kiri. Hal itu karena kita hanya bernapas melalui satu lubang hidung pada satu waktu, bahkan saat sehat. Lubang hidung yang tersumbat adalah yang kebetulan sedang beristirahat. Proses ini disebut siklus hidung dan Anda bisa membuktikannya sendiri dengan meletakkan tangan di bawah hidung. Anda mungkin akan merasakan napas lebih di satu sisi daripada yang lain. Jika merasakan di keduanya, Anda telah menangkap siklus selama transisi. Tunggu sebentar dan rasakan lagi.

Garis tubuh manusia tidak terlihat Garis-garis pada harimau tidak hanya untuknya, kulit manusia memiliki pola belang yang serupa namun tidak terlihat. Garis-garis tersebut disebut Blaschko. Garis ini terbentuk saat sel-sel membelah dan tubuh tumbuh di dalam rahim. Barisan sel ini, termasuk sel kulit, terlihat identik dan karenanya tidak terlihat sebagai garis. Tapi, ruam tertentu akan mengikuti garis, membuatnya terlihat dan terkadang tampak di bawah sinar ultraviolet yang cukup kuat.

Urin semua orang bau setelah makan asparagus Apakah kencing Anda bau setelah makan asparagus? Dulu, hal ini kerap diperdebatkan. Ternyata, beberapa orang mencium bau kubis dalam urin dan beberapa tidak. Kesimpulan yang tepat untuk fakta ini adalah beberapa orang menghasilkan bau dan yang lain tidak. Tetapi ada hal lain dari fakta aneh satu ini, orang yang mengatakan tidak mencium bau urin u juga tidak dapat mendeteksi bau dalam urin orang lain.

Teori saat ini adalah kita menghasilkan bau tetapi hanya sebagian yang dapat menciumnya. Tapi para ilmuwan masih belum sepenuhnya yakin. Mungkin hanya sebagian orang yang membuat bau dan sebagian yang bisa menciumnya.

Bayi hanya berkedip 2-3 kali per menitRata-rata orang dewasa berkedip 10-15 kali per menit sedangkan bayi tidak. Studi yang telah dilakukan hanya menghitung bayi berkedip 1-3 kali setiap menit. Para peneliti masih menyelidiki namun kemungkinan karena bayi menatap sesuatu lebih lama daripada orang dewasa, mencoba menyerap semuanya.

Enzim lambung Lambung memiliki begitu banyak enzim dan asam yang dapat mencerna daging yang dimakan. Namun, pernahkah berpikir mengapa lambung tidak mencerna dirinya sendiri? Tternyata lambung memang mencerna lambung itu sendiri. Penjelasannya, sel-sel yang melapisi lambung bereproduksi dengan cepat untuk menggantikan sel-sel yang dihancurkan dalam proses sehari-hari. Sel yang hancur akan dicerna oleh lambung. Maka, lambung berakhir dengan lapisan baru setiap tiga hari.

Semua manusia memiliki DNA 99,9 persen identik Anda mungkin berpikir sangat berbeda dari orang lain tetapi secara genetik semua manusia sangat mirip meskipun Anda mungkin menggambarkan orang yang bukan saudara tidak berbagi DNA. Kenyataannya, semua manusia memiliki sekitar 99,9 persen DNA yang sama. Semua perbedaan antara satu dengan yang lain 0,1 persen sisanya. Sementara itu, penelitian yang dilakukan menunjukkan manusia memiliki kemiripan sekitar 98,8 persen DNA dengan simpanse.

Kotoran berbentuk cairan saat dalam pencernaan Makanan memasuki tubuh berbentuk padat dan meninggalkannya dalam bentuk padat juga. Kenyataannya, makanan tersebut menghabiskan sebagian besar waktu di antaranya sebagai cairan. Pengandaian yang tepat adalah bayangkan lambung adalah kolam asam dan usus kecil adalah pipa kecil. Tidak ada hamburger padat yang masuk ke pipa kecil. Di akhir perjalanan makanan, sebagian besar air diserap kembali ke dalam tubuh, pada akhirnya meninggalkan limbah padat.

Air liur selama 1 tahun cukup untuk mengisi bak mandi Tubuh menghasilkan banyak cairan. Jika ditanya berapa banyak? Jawabannya sangat banyak. Manusia menghasilkan 0,7 liter air liur per hari. Selama setahun, Anda bisa mengisi 1-2 bak mandi. Sementara itu, manusia kentut antara 15-25 kali per hari dan volume totalnya bisa mencapai 1,8 liter. Ukuran ini cukup untuk mengisi balon kecil. Anda menghasilkan sekitar 1,5 liter lendir setiap hari, tetapi tidak semuanya di hidung. Lendir juga melapisi area lain seperti paru-paru. Fakta unik lain, sebagian besar lendir yang diproduksi di hidung Anda telan.

Gaya gravitasi membuat orang lebih pendekGravitasi benar-benar menahan tubuh. Ketika astronot Scott Kelly kembali dari luar angkasa, dia 5 cm lebih tinggi dari saudara kembarnya. Sebagian besar orang sedikit lebih tinggi di pagi hari daripada di pengujung hari.

Gigi bukan tulang Meskipun mirip tulang, gigi sebenarnya bukan tulang sama sekali. Gigi memiliki lapisan yang disebut email atau zat terkeras dalam tubuh manusia, terbuat dari dentin di bawahnya dan memiliki pulpa yang penuh dengan saraf dan pembuluh darah di bagian dalam. Tulang, sebaliknya, memiliki sumsum lemak dan/atau sesuatu yang disebut spons tulang di bagian dalam dan bagian luar tulang dilapisi membran. Tulang penuh dengan kolagen dan pembuluh darah, sementar gigi yang keras tidak memiliki keduanya.

Nadiva

Posting Komentar untuk "Anda Perlu Tahu, 14 Fakta Tubuh yang Unik"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *