3 Penyebab Tak Terduga Jamur Tumbuh di Rumah

3 Penyebab Tak Terduga Jamur Tumbuh di Rumah

Jamur bisa sulit dikenali dan bahkan lebih sulit untuk diatasi terutama ketika berada di tempat yang menurut Anda tidak terlihat di rumah. Dokter kedokteran fungsional Kenneth Bock, dalam episode terbaru podcast mindbodygreen, menyebut tiga tanda yang menyebabkan jamur tumbuh di rumah Anda dan tips cara mengobatinya dengan cepat.

Berikut ini tiga tanda penyebab jamur

1. Gejala yang tidak dapat dijelaskan

Bock (dan pakar jamur lainnya) mengatakan bahwa jamur dapat menyebabkan berbagai gejala yang tidak dapat dijelaskan oleh tes, seperti pusing, kepala terasa ringan, kabut otak, dan ruam. Bock menambahkan bahwa jamur juga dapat memperburuk masalah pernapasan yang ada seperti asma dan alergi.

“Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari jamur yang tidak dapat dijelaskan, dan ketika [tes] lain dilakukan, mereka tidak menemukannya,” katanya, seperti dilansir dari laman Mind Body Green.

2. Kebocoran yang tidak mencolok

Jika Anda mengalami kebocoran di rumah Anda baru-baru ini, itu adalah petunjuk bahwa jamur mungkin telah terbentuk, kata Bock. Jadi, Anda pasti ingin memeriksa jamur di mana saja yang dilewati air, dari ruang bawah tanah hingga kamar mandi. Bahkan kondensasi di sekitar jendela dapat menyebabkan jamur tumbuh di sekitar ambang jendela.

“Beberapa orang tahu bahwa mereka mengalami kebocoran tetapi tidak pernah memikirkan jamur,” catat Bock, menambahkan bahwa hal-hal seperti ruang bawah tanah yang lembab juga merupakan penyebab umum.

3. Bau yang tak sedap

Jamur bisa berbau — meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya tergantung di mana letaknya atau seberapa banyak jumlahnya. “Beberapa orang mencium bau jamur, tetapi bahkan tidak berpikir itu bisa mempengaruhi mereka,” kata Bock. Jamur sering digambarkan sebagai bau apak dan beberapa membandingkannya dengan bau kayu yang membusuk atau kaus kaki yang berkeringat.

Hal pertama yang dapat dilakukan jika Anda melihat sepetak kecil jamur, Anda harus segera membersihkannya. Selama berada di permukaan yang keras dan tidak keropos, Anda harus bisa membersihkannya sendiri menggunakan pembersih khusus penghilang jamur.

Jika Anda hanya menduga bahwa Anda memiliki jamur, tetapi Anda tidak yakin di mana, Bock mengatakan Anda akan ingin memanggil ahli profesional untuk melihat lebih dekat. Dari sana, ahli pemeriksa jamur dapat menentukan apakah Anda perlu melakukan perbaikan secara menyeluruh. Sementara itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli alat pembersih udara untuk membantu kualitas udara secara keseluruhan.

Rumah kita dimaksudkan untuk menjadi tempat berlindung kita, bukan membuat kita sakit—dan jamur tentu saja tidak ideal untuk lingkungan rumah yang sehat. Jika Anda berpikir mungkin ada jamur di rumah Anda—baik karena gejala misterius, kerusakan air, atau bau yang tidak sedap—jangan menunggu waktu lama untuk membersihkannya.

Nadiva

Posting Komentar untuk "3 Penyebab Tak Terduga Jamur Tumbuh di Rumah"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *